income.web.id

Peluang Bisnis, Online dan Offline, Entrepreneurship


Berpikir Global, Bertindak Lokal di Industri Digital


Saat ini, digital sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Semakin lama kita semakin tergantung pada berbagai teknologi yang memudahkan hidup. Smartphone, PC, notebook, tablet sudah menjadi benda-benda yang tidak bisa kita tinggalkan. Kita bekerja, menjalin relasi, dan bersosialisasi dengan bantuan teknologi tersebut.


Perkembangan ini memunculkan berbagai peluang yang sangat menjanjikan. Banyak pemain asing telah masuk dan lebih banyak lagi sedang mencoba untuk masuk. Lantas apakah masih ada ruang yang tersisa untuk para pemain lokal? Bagaimana pemain lokal dapat berkontribusi dalam 'kue' industri yang besar ini?

Alih-alih puas hanya dengan menjadi konsumen, kita harus mengubah pola pikir menjadi produsen. Jika pola pikir ini sudah ditanamkan, langkah berikutnya adalah memikirkan apa yang bisa kita ciptakan. Ada baiknya proses ini dimulai dengan melakukan pengamatan atas berbagai situasi yang terjadi di sekitar kita. Masalah apa yang ada di lingkungan kita? Apa yang bisa kita hasilkan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut? Idealnya, kita menjadi produsen yang mampun menghasilkan temuan yang bisa menjadi solusi atas segala masalah yang muncul di sekitar kita. Masalah diubah menjadi solusi, kekurangan diubah menjadi kelebihan.

"Think global, act local" adalah istilah yang tepat untuk menggambarkan strategi seperti apa yang harus kita jalankan. Pemahaman akan wawasan lokal adalah senjata utama dalam memulai bisnis apapun. Dengan begitu, sebagai pemain lokal kita memiliki keuntungan tersendiri yang tidak dimiliki pemain luar. Intinya adalah bagaimana menciptakan konten yang sesuai dengan konteks lokal, lalu merumuskan bagaimana konten ini bisa memiliki nilai serta konteks yang relevan bagi para pengguna yang sedemikian besar.

Pada acara konferensi IDBYTE tanggal 14 Juli 2011, para pakar digital dari Google, Facebook, dan LinkedIn akan hadir dalam satu panggung besar. Mereka akan berbagi pengalaman mengenai bagaimana menciptakan solusi digital yang mampu mengubah hidup manusia. Mereka juga akan berbagi pemahaman mengenai relevansi perusahaan mereka dengan perilaku konsumen lokal. Inilah saat yang tepat bagi para penggiat, pelaku, serta praktisi di Indonesia untuk dapat lebih percaya diri bergabung dan menjadi bagian dari kemajuan industri digital.

Ciptakan produk dengan konten yang sesuai dengan kebutuhan pengguna lokal. Berikan kreasi terbaik yang relevan dengan kondisi lokal demi kemajuan industri digital di tanah air.

Penulis: Yansen Kamto, Executive Director IDBYTE, dengan latar belakang dari industri digital advertising; saat ini juga menjalankan bisnis digital di bidang gaming dan sepakbola.

sumber: kompas.com
1 Komentar untuk "Berpikir Global, Bertindak Lokal di Industri Digital"

Iya, kondisinya seperti negeri kita yang katanya agraris dan kaya, tapi masih banyak yg dalam kemiskinan bahkan kelaparan, sementara investor asing semakin banyak mengeruk kekayaan tersebut. Komunitas internet indonesia juga sangat besar dan potensial tapi...begitulah..

Selama bangsa ini perekonomiannya belum mandiri bin independen , sulit kita mau mengimplementasikan segala hal secara global, termasuk dalam hal binis online, yang faktanya kebanyakan pemain lokal cuma jualan gombal, dan akhirnya memilih berbisnis dengan pemain luar yg lebih kredibel seperti google....dan seperti biasa, akhirnya pada cari aman dan kenyang sendiri :D

buset jadi satu artikel...thanks boss bisa nulis uneg2..artikel ini sangat menginspirasi...

Download Ebook Gratis