income.web.id

Peluang Bisnis, Online dan Offline, Entrepreneurship


Manfaatkan Internet untuk Mendorong Wirausaha


Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Radjasa berharap internet bisa dimanfaatkan pengguna di Indonesia untuk memberdayakan masyarakat. Selain sebagai alat komunikasi, juga untuk mendukung kegiatan ekonomi dan pendidikan.



"Tujuh puluh persen masyarakat Indonesia ini masih menggunakan internet untuk entertainment. Saya harapkan nantinya dengan akses internet yang mudah dan murah di masyarakat, internet bisa digunakan untuk e-commerce, e-government, dan e-education," ungkap Hatta usai menghadiri acara Indonesia USF Asia Leaders Forum yang diadakan perusahaan Intel di 4 Season Hotel, Jakarta.

Hatta juga mengingatkan kepada generasi muda Indonesia untuk membangun industri kreatif dengan memanfaatkan kemajuan fasilitas internet. Hasil riset BBC News yang menyatakan bahwa Indonesia merupakan tempat terbaik pilihan responden untuk memulai bisnis, menurut Hatta bisa menjadi stimulus bagi entrepreneur di Indonesia.

Seperti diketahui, BBC melansir hasil penelitiannya terhadap 24.000 responden dari 24 negara. Survei yang dilakukan Globescan bersama program International Policy Attitudes di University of Maryland menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara yang masyarakatnya paling menghargai inovasi dan kreativitas untuk mendukung pengembangan bisnis, lebih tinggi ketimbang AS.

"Dunia sudah mengakui bahwa Indonesia menduduki peringkat nomor satu sebagai tempat terbaik untuk membangun bisnis. Sekarang tinggal entrepreneur-nya yang harus ditambah, karena membangun bisnis itu harus juga disertai dengan keberanian mengambil resiko," jelas Hatta. Selain itu, Hatta berharap agar generasi muda tak hanya membangun start-up yang compang-camping melainkan harus fokus dalam hal pengembangan konten.

Hatta menambahkan, masalah yang dialami entrepreneur Indonesia saat ini adalah mengenai pendanaan. "Perbankan sulit memberi pinjaman karena mereka belum berpengalaman. Antisipasinya adalah membentuk venture capital untuk menampung mereka," ujarnya.

Venture Capital adalah perusahaan yang melakukan investasi yang bersifat sementara di dalam perusahaan lain dengan tujuan untuk meningkatkan nilai perusahaan lain tersebut dalam jangka waktu tertentu dan pada akhirnya investasi ini bisa dilepas atau dijual dengan nilai yang lebih tinggi dari nilai investasi awal tersebut. Bentuk investasi seperti ini biasanya memiliki resiko yang tinggi tapi juga menghasilkan tingkat pengembalian yang tinggi. Namun menurut Hatta, skala venture capital di Indonesia masih belum terlalu besar hingga saat ini.

Hatta Rajasa mengatakan pemerintah tengah fokus melakukan pembangunan infrstruktur internet ke wilayah timur Indonesia. Pembangunan infrastruktur broadband yang dilakukan pemerintah kini difokuskan pada koridor enam, yakni wilayah Indonesia Timur yang meliputi Maluku dan Papua. Meski belum memiliki data pengguna internet di wilayah tersebut, pemerintah tetap memfokuskan akan segera menyelesaikan pembangunan infrastruktur di koridor enam.

"Kita bangun dulu infrastrukturnya untuk memberikan stimulus kepada masyarakat," ujar Hatta.

sumber: kompas.com
1 Komentar untuk "Manfaatkan Internet untuk Mendorong Wirausaha"

Download Ebook Gratis