income.web.id

Peluang Bisnis, Online dan Offline, Entrepreneurship


Sukses Wirausaha Harus Melek Teknologi Informasi


Para wirausahawan wajib menguasai teknologi bila ingin memulai usahanya dengan modal maupun jaringan yang terbatas. Dengan memanfaatkan teknologi, biaya operasional bisa ditekan sampai mengoperasikan kantor dari telapak tangan saja melalui telepon genggam.

Hal tersebut menjadi benang merah dalam Konferensi Komputer dan Informatika Internasional ke-3 yang diselenggarakan Universitas Komputer Indonesia (Unikom). Hadir sebagai pembicara, Prof Dr Ahmad Zaki bin Abu Bakar dari Universiti Teknologi Malaysia (UTM).



Zaki menjelaskan bahwa dewasa ini perkembangan teknologi telah bergeser dari pendekatan konvensional menjadi kolaborasi dengan munculnya tren komputasi awan hingga istilah crowdsourcing yakni merampungkan pekerjaan bersama-sama oleh komunitas. Dengan memanfaatkan teknologi jejaring sosial, seorang wirausaha bisa mendapatkan masukan, saran, atau bahkan solusi dari lebih banyak sumber.

"Selama ini, untuk mendapatkan masukan mengenai bisnis, aspek hukum, hingga teknologi, membutuhkan biaya maupun koneksi pribad i yang kadang tidak dimiliki semua orang. Salah mengambil keputusan dalam berwirausaha adalah penyebab utama mereka gagal pada tahun pertama," kata Zaki.

Zaki menjelaskan, beberapa penyebab kegagalan wirausaha adalah kurang pengalaman, tidak memiliki peng etahuan memadai, tidak siap menghadapi masalah yang kompleks, pengambilan keputusan diserahkan kepada satu orang, dan tidak berorientasi pasar. Menurut laporan Global Entrepreneurship Monitor 2010, sebanyak 110 juta orang berusia 18-64 tahun yang merintis usaha mandiri sementara 140 juta yang lain sudah menjalankan usaha yang mereka mulai 3,5 tahun sebelumnya.

Dengan demikian, lanjutnya, teknologi harus menjadi pendukung utama bagi seorang wirausaha. Bukan tidak mungkin, mengelola kantor yang semula berkonsep Small Office Home Office (SOHO) bisa dibuat lebih ringkas dengan menggunakan telepon genggam saja.

Menurut Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Azhar Hasyim, perkembangan teknologi informasi akan meningkat pes at dalam beberapa tahun mendatang. Hanya saja, Indonesia masih menghadapi kendala berupa keterbatasan akses internet sehingga masih timpang antara perkembangan teknologi dengan pemanfaatannya. Dia menyebut kepadatan infrastruktur internet di Indonesia masih rendah, kecuali pada beberapa kota besar.

Azhar menegaskan bahwa pemerintah tengah memanfaatkan teknologi informasi serta meningkatkan literasi masyarakat pada umumnya. Dia menyebut perguruan tinggi memiliki peran penting dalam riset dan pengembangan teknologi informasi.

sumber: kompas.com
1 Komentar untuk "Sukses Wirausaha Harus Melek Teknologi Informasi"

Teknologi Informasi Untuk Keunggulan komperatif

Lingkungan bisnis atau aktivitas bisnis sangat dipengaruhi oleh hal yaitu globalisasi dan kemajuan teknologi. Bidang teknologi telah berkembang jauh melebihi pemikiran kita, dan selalu mengatur pola kehidupan manusia, hal ini termasuk pada bidang usaha atau kewirausahaan. Termasuk perkembangan teknologi dibidang TI dan komunikasi sudah jauh berkembang, dan hal ini harus diadopadi dan diakomodirkan kedalam jenis usaha. Jadi bagi seorang wirausaha kemajuan TI dan komunikasi harus dijadikan tantangan, motivasi dan inovasi dalam usaha. Harus mempelajasi bagaimana TI menjadi bagian dari keunggulan komperatif usaha. Sebagai contoh teknologi Apple dengan i-pad dan berkembang menjadi tablet PC, ini bisa dijadikan konsep pelayanan yang terintregrasi dengan sistem jaringan komputer atau SIM perusahaan atau usaha, suatu pengalaman yang sederhan, table PC ini diusulkan menjadi daftar menu dalam usaha kuliner, jadi konsumen diberikan daftar menu makanan yang lengkap dengan konsep animasi dan sistem penjualan dan pelayanan yang terintregrasi dengan bagian yang terkait dalam usaha kuliner, seperti kasir, pelayanan, dapur, pada saat konsumen memilih menu berbasis animasi atau video, pada saat memesan pelayan cukup meng-klik menu yang dipesan masuk daftar keranjang pesanan, jika sudah yakin klik submit, maka komputer di bagian kasir, pelayanan dan dapur otomatis aktif bahwa ada pesanan makanan pada meja no sekian, bagian yang terkait langsung memberikan pelayanan, tanpa harus menunggu bon atau faktur pesanan. Ide ini awalnya banyak yang mengatakan lucu, sedikit tertawa, ada yang kritis mengatakan " pak modalnya mahal ", pernyataan tersebut benar, tapi ingat bahwa kemajuan teknologi memiliki sifat membunuh teknologi sebelumnya dan dalam perkembangannya teknologi membaut harga di masa depan lebih murah, tidak lama antara 3 sampai 6 bulan, teknologi tersbut harganya sudah murah, sebagai contoh HP drngan harga 299 ribu sudah bisa internetan, ini bisa digunakan untuk keunggulan komperatif bagi suatu usaha. Jadikan TI sebagai keunggulan komperatif dan inovasi, sebab TI telah memberikan nuansa baru dalam berbisnis, tapi jangan lupa bahwa TI juga memiliki kekurangan dan hambatan, pelajari dan adopsi sesuai dengan kemampuan yang seiring dengan waktu. Perubah itu harus dalam usaha jangan jadikan usaha kita berbasis tradisional.

Download Ebook Gratis