income.web.id

Peluang Bisnis, Online dan Offline, Entrepreneurship


Tips Jual - Beli Online Melalui eBay


Belanja online semakin dilirik dengan alasan mudah dan praktis. Bahkan kini situs atau toko online juga bertebaran. Penggagas diet utang dalam Oprah Show Ellie Kay menuliskan tips belanja dan menjual melalui eBay dalam bukunya 1/2 Price Living. 



Pada tahun 2004, jelas Kay, lebih dari 100.000 orang memperoleh penghasilan penuh waktu melalui eBay. Anda pasti terkejut ketika melihat nilai yang diberikan oleh penawar ketika menawar sebuah barang "buangan" (yang mungkin mereka sebut "barang koleksi"). Berikut beberapa tip yang harus diingat saat jual-beli online dengan eBay.

Tips untuk pembeli eBay
Sejarah. Periksa latar belakang penjual sebelum Anda membeli. Jika orang lain tidak puas dengannya, tinggalkan saja.

Biaya akhir. Jika biaya prangko, pengiriman, dan asuransi tidak tertulis, tanyakan.

Riset. Bandingkan harga dengan cara mencari barang yang sama. Kay menyontohkan untuk konteks di Amerika, perbandingan harga bisa dengan mengakses www.froogle.com. Setelah membandingkan harga, berikan penawaran.

Pengalaman. Beli beberapa barang untuk mendapatkan pengalaman sebelum Anda mulai menjual sehingga Anda dapat mendapatkan nilai tinggi, baik sebagai pembeli maupun penjual.

Tips untuk para penjual eBay
Biaya online.
Jumlahkan semua biaya ke dalam harga yang Anda minta. Akan ada biaya pendaftaran, biaya akhir, dan biaya pembayaran ketika Anda menerima pembayaran secara online.

Turbo lister. Gunakan piranti lunak cuma-cuma untuk mempercantik daftar produk, layout, judul, gambar, dan biaya.

Foto. Berinvestasi (atau pinjam) sebuah kamera digital yang baik. Sering kali dibutuhkan beberapa gambar untuk menampilkan sebuah barang dengan baik. Pastikan apakah lebih dari foto yang pertama gratis. Anda mungkin harus membayar sejumlah biaya untuk foto tambahan.

Harga dan durasi. Tentukan berapa lama penawaran Anda akan berlangsung, jumlah barang yang ada dalam kelompok produk Anda, serta harga awal. Jangan mulai mencantumkan harga barang dengan harapan mendapatkan lebih banyak.

Ungkapkan kekurangan. Pastikan mencantumkan deskripsi menyeluruh, termasuk dimensi. Semakin detail penjelasan Anda, semakin besar kemungkinan Anda akan mendapatkan pembeli yang puas.

Ungkapkan biaya. Cantumkan biaya prangko, pengiriman dan asuransi.

Penerimaan pembayaran. Anda dapat menerima pembayaran kartu kredit lewat salah satu jasa pelayanan kartu kredit online dengan cara mendaftar di eBay.

Masukan. Bangun rating penjual yang tinggi melalui layanan pelanggan dan deskripsi yang mencukupi. Selalu berikan nilai kepada pembeli setelah transaksi selesai.

Layanan pelanggan. Kirimkan barang pada waktunya, dan lakukan tindak lanjut setelah penjualan. Tentukan sebelumnya apa yang akan Anda lakukan jika produk itu rusak dalam pengiriman. Apakah Anda akan membayarnya, atau beralasan dengan mengatakan "maaf-Anda tidak membeli asuransi".

Pengiriman. Dapatkan kotak gratis dan selotip surat yang dikirimkan gratis ke rumah Anda melalui usps.com. Syaratnya, Anda harus mengirimkan barang itu lewat pengiriman kilat, yang merupakan ide bagus jika berat paket itu lebih dari setengah kilogram dan di bawah dua setengah kilogram. Jika barang itu lebih dari dua setengah kilogram, lebih baik mengirimkan melalui pengiriman biasa UPS atau FedEx. Atau beli kotak atau amplop pengiriman dalam jumlah besar.

sumber: kompas.com
0 Komentar untuk "Tips Jual - Beli Online Melalui eBay"

Download Ebook Gratis