income.web.id

Peluang Bisnis, Online dan Offline, Entrepreneurship


5 Langkah Sederhana Mengelola Keuangan


MENGURUS masalah keuangan seperti tagihan kartu kredit, rekening bank, biaya rumah tangga, utang, penalti dan lain sebagainya bisa menguras energi dan pikiran. Adakah cara sederhana untuk mengelola kehidupan finansial Anda?


Dengan sejumlah trik berikut ini, Anda dapat mengurangi stres dalam mengurus keuangan:

Uang tunai
Gunakan uang tunai untuk membayar belanja bulanan, membeli bahan bakar kendaraan, dan berbagai pengeluaran rutin lainnya. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir tentang biaya dan bunga.

Gunakan amplop
Menyimpan uang di dalam sejumlah amplop berbeda merupakan trik paling efektif untuk mengelola uang. Sediakan setumpuk amplop dan tempeli setiap lembarnya dengan label berbeda sesuai jenis pengeluaran Anda (misalnya: makanan, bensin, dll). Tempatkan sejumlah uang yang sudah dialokasikan untuk keperluan tersebut ke masing-masing amplop. Lalu, simpan di tempat aman. Dengan demikian, Anda sudah memiliki rencana pengeluaran.

Kartu hadiah
Kebanyakan peritel pada saat ini menawarkan kartu hadiah. Beli kartu hadiah dengan nominal yang sesuai dengan jumlah dana yang ingin Anda habiskan untuk berbelanja di supermarket langganan. Gunakan kartu itu sebagaimana Anda menggunakan kartu debit atau kartu kredit ketika berbelanja. Jika konsisten dalam menggunakannya, pengeluaran Anda dijamin akan tetap sesuai dengan anggaran.

Lacak pengeluaran
Kapan pun Anda menggunakan kartu kredit atau kartu debit, luangkan waktu 30 detik untuk mencatat transaksi tersebut. Ketika tagihannya datang beberapa waktu kemudian, Anda bisa dengan cepat mencocokkan entri tersebut.

Anggaran anak
Biaya untuk merawat dan membesarkan anak merupakan salah satu pengeluaran besar dalam hidup. Tetapkan jumlah dana tertentu bagi masing-masing anak setiap bulannya, dan buat amplop bertuliskan nama sang buah hati di atasnya. Putuskan apakah Anda atau anak yang akan mengelola dana tersebut. Yang penting, ketika dana tersebut habis, tidak boleh ada penambahan sampai waktu pengisian berikutnya.

sumber: mediaindonesia.com
0 Komentar untuk "5 Langkah Sederhana Mengelola Keuangan"

Download Ebook Gratis