income.web.id

Peluang Bisnis, Online dan Offline, Entrepreneurship


Nell Merlino, Bantu Perempuan Wujudkan Inovasi Bisnis


SEBAGAI salah seorang pengusaha, Nell Merlino paham betul satu kendala utama yang dihadapi perempuan calon pengusaha dalam menapaki jalan menuju sukses: uang. Tak peduli seberapa hebat ide-ide inovatif yang mereka miliki, jika tidak cukup modal maka mimpi membangun bisnis bisa menguap di tengah jalan.


Itu sebabnya, pada 1999 dia mendirikan Count Me In for Women's Economic Independence, sebuah layanan online yang menyediakan akses ke pinjaman usaha, konsultasi, dan pendidikan bagi kaum perempuan. Organisasi tersebut memberikan pinjaman usaha antara US$500 sampai US$10.000 kepada perempuan di seluruh pelosok Negeri Paman Sam, yang sering mengalami kesulitan dalam mengakses pembiayaan dibandingkan pengusaha laki-laki.

Melalui Count Me In, Merlino menginspirasi para perempuan pengusaha untuk berani bermimpi besar dan mencapai lebih banyak hal. Dia menyediakan peralatan, sumber daya, dan komunitas yang mendukung rekan-rekan mereka. Pinjaman tersebut didanai oleh sumbangan yang digalang melalui sektor swasta dan korporasi, serta Invest in Women Notes dari Calvert Foundation, sebuah lembaga tanggung jawab sosial yang mendukung organisasi pengembangan masyarakat.

Inovatif
Karier Merlino dimulai dengan mendirikan bisnis pribadi, Strategy Communication Action, yakni sebuah perusahaan berbasis di New York yang mendesain kampanye pendidikan publik, untuk memulai berbagai gerakan. Gebrakan besar pertamanya dimulai pada awal '90-an, lewat gerakan Take Our Daughters To Work Day. Dalam satu hari kerja, lebih dari 71 juta orang Amerika mengilhami generasi perempuan berikutnya untuk mulai berpikir tentang karier.

Merlino kemudian memperkenalkan sebuah organisasi nirlaba bernama Count Me In, guna mempromosikan kemandirian ekonomi perempuan. Yayasan ini dimulai sebagai pemberi pinjaman mikro bagi perempuan AS, untuk mendukung tujuan bisnis mereka. Dia lantas mengambil langkah lanjutan dengan membentuk Make Mine a $Million, sebuah bagian baru dari program Count Me In.

Alasannya, hanya enam persen dari perempuan pengusaha yang memiliki pendapatan sebesar satu juta dolar atau lebih. Program baru ini ditujukan untuk menunjukkan jalan menuju angka satu juta dolar bagi perempuan pemilik usaha mikro. Perempuan yang telah berkecimpung dalam bisnis minimal dua tahun dengan pendapatan setidaknya US$250.000, menunjukkan bukti nyata dan peluang untuk mendapatkan satu juta dolar, didorong untuk mengajukan pinjaman.

Tujuh perempuan yang diterima dalam program Make Mine a $Million, memulai bisnisnya dengan pembiayaan dari Count-Me-In. ''Kami meminjamkan uang karena ketika Anda meminjam, Anda juga mengembangkan,'' tutur Merlino suatu kali seperti dikutip situs womenforhire.com.

Banyak hal yang dievaluasi ketika seorang pemohon mengajukan pinjaman dalam program Count-Me-In. Misalnya, premis bisnis, pengalaman pemohon dengan produk atau jasa yang ditawarkan, tingkat kredit, dan ada atau tidak adanya anggota keluarga yang menjalankan bisnis mereka sendiri.

Berbagai kompetisi juga telah diselenggarakan di kota-kota utama AS termasuk Seattle, Dallas, Miami, New York, dan Boston. Pemohon online dievaluasi berdasarkan kejelasan rencana bisnis dan potensi pertumbuhannya. Kemudian, mereka yang terpilih sebagai finalis mempresentasikan proposalnya selama tiga menit di hadapan dewan juri. Sejak kontes dimulai pada 2005, lebih dari 5.000 perempuan telah melamar dan 259 di antaranya diterima masuk ke dalam program.

sumber: mediaindonesia.com
0 Komentar untuk "Nell Merlino, Bantu Perempuan Wujudkan Inovasi Bisnis"

Download Ebook Gratis