income.web.id

Peluang Bisnis, Online dan Offline, Entrepreneurship


Peluang Membawa SME (small and medium enterprise) ke Pasar E-Commerce


Peluang membawa small and medium enterprise (SME) ke E-Commerce masih terbuka dan mampu mendatangkan keuntungan. Inilah salah satu yang diungkapkan Ivan W Hudyana dari Blibli.com dalam diskusi IDBYTE yang berlangsung Selasa (12/7/2011) di Pacific Place, Jakarta.



"Jumlah SME di Indonesia itu lebih besar daripada jumlah perusahaan yang besar dan tersebar, ini salah satu potensinya," kata Ivan dalam wawancara dengan Kompas.com usai diskusi bertema "Shaping the Right Social Commerce in Indonesia" tersebut.

Selain itu, lanjut dia, masyarakat Indonesia juga tidak selalu ingin membeli barang yang branded. Konsumen cenderung memiliki minat mengkonsumsi produk SME. Dengan melihat kedua faktor tersebut, maka usaha membawa SME ke e-commerce bisa jadi peluang yang menjanjikan.

"Tapi harus dilihat, mereka commit enggak," ungkap Ivan. Menurutnya, pemilihan harus dilakukan berdasarkan komitmen SME pada bisnisnya, brand produk yang dimiliki dan keunikan masing-masing produk. Pemilihan dilakukan untuk memastikan agar bisa mendapatkan keuntungan.

Pada dasarnya, menurut Ivan, SME yang diajak adalah mereka yang bangga dengan brand-nya. Ivan mencontohkan produk Bandeng Presto. "Mereka bangga dengan produknya. Mereka bisa bilang, silahkan cari ke yang lain, tapi bandingkan produknya. SME seperti ini yang potensial," kata Ivan.

Blibli.com saat ini juga mengajak beberapa SME untuk memasarkan produknya. Selain Bandeng Presto, merek lain yang diajak antara lain Toko Oen. Keunikan brand produk dan komitmen pengembangan adalah hal yang membuat Blibli mengajak dua SME itu.

Ivan mengatakan, selain melihat soal keuntungan, penggarapann SME juga bisa memberdayakan sektor bisnis tersebut. "Kita bisa membawa SME untuk bisa berkompetisi dengan produk-produk branded lainnya, kita ajak mereka dengan go online" ungkap Ivan.

Model bisnis yang dikembangkan dengan SME bisa berupa sharing. Hal yang sama diterapkan Blibli.com dengan SME yang dirangkulnya meski Ivan tak mau berbagi tentang besaran sharingnya. Sementara, untuk sistem pembayaran, banyak yang bisa dipilih dan Blibli memilih layanan berbasis perbankan.

sumber: kompas.com
0 Komentar untuk "Peluang Membawa SME (small and medium enterprise) ke Pasar E-Commerce"

Download Ebook Gratis