income.web.id

Peluang Bisnis, Online dan Offline, Entrepreneurship


Agar Uang Mengalir Otomatis untuk Anda


Apakah Anda sekarang telah bekerja? Berapa lama Anda sudah bekerja? Apakah Anda masih ingat berapa gaji pertama kali bekerja? Lalu, sekarang berapa gaji Anda? Berapa persen perbedaan gaji pertama Anda dengan yang Anda terima sekarang ini?


Bila gaji pertama Anda Rp 1,5 juta, dan Anda sudah bekerja selama tiga tahun, dengan gaji sekarang Rp 2,5 juta, maka selisihnya Rp 1 juta. Selama tiga tahun perbedaan gaji Anda sebesar 66,6 persen (Rp 1juta dibagi Rp 1,5 juta) atau 22,2 persen per tahun. Bila dihitung dari gaji awal, rata-rata kenaikan setiap tahun sebesar 19 persen.

Apakah Anda puas dengan gaji yang Anda terima sekarang? Anda bisa membandingkannya dengan gaji rata-rata pegawai di perusahaan sejenis. Kemudian ukurlah kemampuan dan kontribusi Anda bagi perusahaan. Buka kembali file Anda, apa yang telah Anda berikan kepada perusahaan, dan seberapa besar pencapaian Anda selama ini?

Dengan begitu, Anda bisa menilai, apakah Anda pantas diberi penghargaan dengan gaji Rp 2,5 juta, atau malah sebaliknya, merasa gaji tersebut terlalu kecil? Ukurlah dan tantanglah diri sendiri, apakah Anda mampu memeroleh gaji lebih besar di perusahaan sekarang atau di perusahaan lain? Bila merasa gaji Anda terlalu kecil dan kurang pantas dengan kompentensi yang dimiliki, cobalah untuk melamar di perusahaan lain. Apakah Anda mampu memeroleh gaji yang lebih besar dengan kemampuan dan kompetensi yang Anda miliki?

Bila setelah mencoba melamar, dan diterima serta ditawarkan bekerja dengan gaji lebih besar, maka langkah selanjutnya adalah pertimbangkanlah suasana dan ruang lingkup kerja di perusahaan baru, dan bagaimana prospek masa depan Anda di sana? Apa ruang lingkup tugas dan tanggung jawab Anda, untuk siapa Anda bekerja dan siapa atasan langsung Anda?

Banyak faktor yang sebaiknya dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk keluar dari pekerjaan sekarang. Cobalah tanyakan lagi ke dalam diri sejumlah hal mengenai tempat bekerja Anda saat ini, sebelum memutuskan pindah kerja: Apakah di perusahaan sekarang ini Anda memiliki masa depan atau tidak? Bagaimana peluang karier ke depan? Seperti apa perkembangan gaji 1-2 tahun mendatang? Apakah Anda bisa bernegosiasi dengan pimpinan, karena Anda yakin dengan kemampuan dan kontribusi Anda? Bila jawaban dari semua pertanyaan ini cenderung positif dan mengalami progres, sebaiknya endapkan keinginan Anda untuk hengkang dari perusahaan.

Bekerjalah bukan hanya sekadar mengejar uang. Fokuslah pada "uang besar" di masa depan. Bekerjalah pada bidang yang Anda sukai dan kuasai, dan kembangkan kemampuan di bidang ini. Dengan begitu, "uang besar" akan mengalir secara otomatis. Pekerjaan ibarat anak tangga. Naiki anak tangga itu secara bertahap, sehingga bisa mencapai tujuan dengan selamat.

(Financial Planner/Freddy Pieloor, CFP), kompas.com
0 Komentar untuk "Agar Uang Mengalir Otomatis untuk Anda"

Download Ebook Gratis