income.web.id

Peluang Bisnis, Online dan Offline, Entrepreneurship


Wirausaha Ekonomi Kreatif Bakal 'Booming'


Indonesia akan terus bangkit dengan sentuhan tangan individual, melalui entrepreneurship, dan bukan konglomerasi. Tingkat kreativitas orang Indonesia yang tinggi menjadi modal utamanya. Anak-anak muda menjadi daya dorongnya. Demikian kata Christovita Wiloto, pendiri dan chairman Indonesia Young Entrepreneur (IYE) dalam sebuah diskusi seputar entrepreneurship di Jakarta.


Diskusi yang menghadirkan pengusaha muda dan sukses dari berbagai bidang, termasuk fashion dan olahraga, juga mendatangkan Dr A Prasetyantoko, ekonom Partner Strategic Indonesia. Prasetyantoko memberikan gambaran sekaligus solusi untuk entrepreneur dalam menghadapi peta ekonomi CHINDONESIA (China, India, dan Indonesia).

China, India, dan Indonesia diperkirakan menjadi raksasa ekonomi yang bakal menyelamatkan negara-negara maju dari krisis finansial, kata Prasetyantoko.

Indonesia juga punya potensi yang sama kuatnya. Sejumlah faktor turut memengaruhi, potensi sumber daya manusia, kreativitas tanpa batas yang semakin teruji di tengah keterbatasan yang dimiliki, kebutuhan domestik juga tinggi dengan banyaknya populasi, dan kelas menengah yang terus bertumbuh termasuk peningkatan daya beli.

Anda pun dapat menjadi bagian dari kekuatan entrepreneurship, dengan berwirausaha. Apalagi ditegaskan oleh Wiloto, "Entrepreneurship dapat dipelajari siapa saja, dan bukan merupakan keturunan."

Jika Anda punya hasrat besar membangun usaha, namun masih memilah sektor yang paling baik, penjelasan dari Prasetyantoko ini dapat menjadi sumber inspirasinya. Ia mengatakan, ekonomi kreatif akan booming tahun depan. Sektor inilah yang dapat menjadi pilihan jika Anda ingin sukses mengembangkan bisnis.

Lantas ekonomi kreatif seperti apa yang menjanjikan? Prasetyantoko mengelaborasi, kembangkan sektor ekonomi kreatif dengan fokus pada permintaan domestik. Pertumbuhan permintaan domestik di Indonesia lebih tinggi daripada pertumbuhan ekonomi secara makro.

"Sektor berbasis permintaan domestik seperti makanan, minuman, dan pakaian merupakan motor perekonomian di Indonesia. Sektor inilah yang menjanjikan," katanya.

Untuk mengembangkan bisnis di sektor ekonomi kreatif, ada tiga unsur yang harus digabungkan, kata Prasetyantoko. Wawasan, jaringan, dan teknologi memengaruhi kesuksesan bisnis di bidang kreatif.

Menurut Prasetyantoko, ada 14 subsektor ekonomi kreatif yang menjanjikan dan booming di tahun mendatang. Fashion dan kerajinan adalah subsektor bisnis yang paling dominan. Bisnis kreatif yang juga potensial di antaranya percetakan, event organizer, konsultan, dan lainnya. Prinsipnya, jalankan bisnis untuk memenuhi ragam kebutuhan domestik dengan kelas menengah sebagai sasarannya.

"Kelas menengah di Indonesia mengonsumsi semua kebutuhan," kata Prasetyantoko, menambahkan kelas menengah di Indonesia merupakan pasar potensial bisnis dari sektor ekonomi kreatif.

sumber: kompas.com
0 Komentar untuk "Wirausaha Ekonomi Kreatif Bakal 'Booming'"

Download Ebook Gratis