income.web.id

Peluang Bisnis, Online dan Offline, Entrepreneurship


Facebook IPO, Mereka Bersiap Jadi Miliarder


Facebook telah memasukkan berkas prospektus ke Badan Pengawas Pasar Modal setempat sebagai syarat untuk proses penawaran saham perdana (Initial Public Offering/IPO). Dari IPO tersebut, Facebook menargetkan dapat memperoleh dana sebesar 5 miliar dollar AS (sekitar Rp 45 triliun).


Dalam prospektus yang diajukan tersebut terlihat siapa saja pemegang saham Facebook secara mayoritas.

Seperti dikutip dari TechCrunch, ada 13 nama yang ikut berinvestasi di situs jejaring sosial terbesar di dunia tersebut. Inilah mereka.

1. Mark Zuckerberg
Sebagai pendiri dan Chief Executive Officer (CEO), Mark Zuckerberg memegang 28,4 persen atau sekitar 533,8 juta lembar saham Facebook.

2. Jim Breyer
Breyer merupakan President Accel Management Company, sebuah perusahaan pemberi modal dan sekaligus salah satu anggota dewan direksi Facebook sejak April 2005. Dia memegang sebesar 11,4 persen atau 201,3 juta lembar saham Facebook.

3. Dustin Moskovitz
Lahir di Washington 22 Mei 1984, Moskovitz adalah seorang pengusaha Amerika Serikat yang membantu mendirikan Facebook bersama Mark Zuckerberg, Eduardo Saverin dan Chris Hughes.

Pada 2010, Forbes 400 menempatkan Dustin Moskovitz sebagai miliuner termuda di dunia dan sekaligus menggenggam 133,7 juta lembar saham atau sekitar 7,6 persen saham Facebook.

4. Digital Sky Technologies (DST) Global Limited
Sebuah perusahaan investasi internet yang menguasai sebesar 5,4 persen atau 94,5 juta lembar saham

5. Peter A Thiel
Pengusaha yang lahir tahun 1967 ini juga merupakan salah satu anggota dewan direksi Facebook dan menjadi investor awal Facebook. Dirinya memegang 44,7 juta lembar saham (2,5 persen). Thiel menempati peringkat 377 pada Forbes 400 tahun 2008 dengan kekayaan sekitar U1,3 miliar dollar AS.

6. Marc Andreessen
Lahir pada 9 Juli 1971 dan merupakan pengusaha Amerika di bidang software engineer. Dia juga merupakan co-founder Netscape Communications Corporation dan menjadi salah satu anggota dewan direksi Facebook sejak Juni 2008. Dia menggenggam 3,57 juta saham Facebook.

7. David Ebersman
Dia adalah Chief Financial Officer (CFO) Facebook sejak September 2009 dan pernah menjadi direktur di perusahaan farmasi Ironwood Pharmaceuticals, Inc. David memegang 2,17 juta lembar saham Facebook.

8.Mike Schroepfer
Sebagai Vice President of Engineering Facebook sejak Agustus 2008, Schroepfer pernah juga bekerja di Mozilla sebagai Vice President of Engineering dan Sun Microsystems. Schroepfer memegang 2,1 juta saham Facebook.

9. Sheryl K Sandberg
Dia menjadi Chief Operating Officer (COO) Facebook sejak Maret 2008. Pernah juga bekerja untuk Google dan Bank Dunia. Saat ini dia memegang 1,89 juta lembar saham Facebook.

10. Ted Ullyot
Dia adalah pengacara dan mantan PNS di Amerika. Pernah juga bekerja sebagai deputy assistant Presiden George Bush. Saat ini menjadi VP dan General Counsel Facebook. Dia memegang 1,86 juta saham.

11. Donald Graham
Lahir 22 April 1945, menjadi CEO dan anggota direksi The Washington Post Company. Dia juga menjadi Direktur dan Chairman dari Facebook selama hampir tiga tahun. Graham memegang 1 juta unit saham terbatas.

12. Erskine Bowles
Dia adalah Co-Chairman National Commission on Fiscal Responsibility and Reform, salah satu pegawai Gedung Putih kepercayaan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama pada tahun 2010 yang memegang 20 ribu unit saham terbatas yang merupakan bentuk kompensasi saham.

13. Reed Hastings
Merupakan pengusaha, CEO dan pendiri Netflix. Juga menjadi anggota dewan direksi Facebook sejak Juni 2011. Hastings memegang 20 ribu unit saham terbatas.

Selain 13 orang pemegang saham utama tersebut, ternyata hampir sekitar 500 sampai 1.000 karyawan Facebook memiliki jatah opsi saham di perusahaan yang berbasis di Menlo Park, California itu.

Total opsi saham ini sekitar 1,319 miliar saham atau sekitar 70 persen dari total saham Facebook. Hingga saat ini, belum jelas siapa pemegang saham yang akan melepas sahamnya ke publik atau masih mempertahankannya hingga IPO berlangsung.

Jika karyawannya menjual opsi saham yang dimiliki, diperkirakan karyawan Facebook akan kaya raya, apalagi jika harga IPO tersebut lebih tinggi dari prediksi pasar.

Sumber : techcrunch, kompas.com
0 Komentar untuk "Facebook IPO, Mereka Bersiap Jadi Miliarder"

Download Ebook Gratis