income.web.id

Peluang Bisnis, Online dan Offline, Entrepreneurship


Kantong Rumput Laut Berkarbon Karya Anak Negeri


Lumut dan hama pemangsa adalah momok utama yang menyebabkan petani rumput laut gagal panen. Di samping itu, sampah laut menyulitkan pemisahan dan penanganan hasil panen rumput laut.


Layaknya tanaman pangan lainnya yang dibudidayakan di daratan, rumput laut pun memerlukan pagar untuk bisa melindunginya sehingga bisa berkembang biak dengan sehat dan minim gangguan.

Sebuah solusi sederhana namun jitu ditemukan oleh Agus Cahyadi dari Pusat Pengkajian dan Perekayasaan Teknologi Kelautan dan Perikanan di Pademangan Jakarta Utara.

Kantong rumput laut berkarbon yang dirancang oleh Agus diklaim meningkatkan kualitas rumput laut dan merupakan solusi bagi para petani untuk meningkatkan nilai jual rumput laut. Bahan jaring dengan mata jaring yang sangat kecil mampu mencegah masuknya sampah maupun hewan pemangsa dan karbon aktif pada sekat-sekat kantongnya berguna untuk menekan pertumbuhan lumut maupun gulma. Inilah prinsip kerja kantong multiguna ini. Tak hanya itu, dengan kondisi ideal ini, tunas rumput laut dapat leluasa tumbuh sehingga produktivitas meningkat.

Mengenai potensi aplikasi yang dimiliki oleh inovasi ini, kantong rumput laut berkarbon tersebut bisa diterapkan oleh petani rumput laut di daerah pantai, tambak udang atau bandeng yang memiliki kadar salinitas 20 hingga 25 ppt.

sumber
0 Komentar untuk "Kantong Rumput Laut Berkarbon Karya Anak Negeri"

Download Ebook Gratis