income.web.id

Peluang Bisnis, Online dan Offline, Entrepreneurship


Tips Membuat Website Anda Ramah SEO


Mendirikan sebuah situs bisnis mungkin mudah. Namun, untuk menarik orang mengunjunginya dan membuat mesin pencari sering merekomendasikannya adalah hal yang membutuhkan kesabaran yang luar biasa dan ketelatenan serta pengetahuan yang mumpuni. Dua hal ini – pengunjung dan mesin pencari – merupakan faktor terpenting dalam kesuksesan sebuah situs bisnis. Meski tidak mudah, berikut adalah beberapa kiat dasar yang bisa Anda lakukan untuk situs bisnis Anda.


Riset kata kunci
Memilih kata kunci yang sesuai dan efektif berarti Anda bisa membidik orang yang mencari topik tertentu atau bidang ilmu tertentu. Kata kunci harus menjadi poin utama sebelum memulai menulis konten. Pertama, pertimbangkan siapa yang Anda bidik dan di mana audiens potensial tersebut banyak berada. Mereka bisa berada dalam lingkup satu negara atau tersebar di seluruh dunia.

Setelah Anda memiliki daftar kata kunci yang potensial, Anda bisa menggunakan alat seperti Google Adwords Keyword atau Wordtracker untuk memilih kata kunci terbaik dair yangs udah terpilih tadi. Jangan lupa untuk menambahkannya di tag judul, meta descriptions, tag heading, alt text, tautan internal, dan yang paling penting dalam naskah konten yang akan ditayangkan di situs.

Tidak ada aturan ketat mengenai kepadatan kata kunci yang seharusnya. Tentunya hal itu akan bergantung pada kata-kata atau frase yang dipilih dan panjang teks konten. Sebagai panduan umum, pastikan kata kunci ada di judul halaman atau subjudul halaman dan dua atau tiga kali disertakan dalam halaman tersebut.

Riset kata kunci yang baik ialah dasar kampanye SEO yang baik dan juga akan memberikan pondasi yang kokoh untuk memperluas situs Anda selanjutnya.

Bidik mesin pencari
Google ialah mesin pencari paling populer di dunia dan target utama banyak upaya SEO. Namun Google tidak menjadi pemimpin pasar di seluruh pelosok dunia. Di Cina, Baidu lebih tersohor. Di Jepang, Yahoo! Lebih banyak dikunjungi. Sementara orang Korea lebih suka Naver. Semua tergantung tempat konsumen potensial Anda berada. Di Indonesia, Google cukup mendominasi. Namun jangan lupakan juga Bing dan Yahoo yang tak bisa diremehkan. Penting bagi Anda untuk memahami karakter setiap kelompok konsumen dalam suatu wilayah terutama negara.

Konten yang berkualitas
Mesin pencari mungkin tidak bisa membedakan konten yang ditulis dengan baik dan yang asal-asalan tetapi manusia tentu saja bisa melakukan pembedaan ini. Menciptakan konten yang menarik dan berguna ialah salah satu rahasia untuk tetap bisa membuat pengunjung situs Anda setia setelah kunjungan pertama mereka. Jangan meremehkan pentingnya kaidah bahasa dan pengejaan yang benar dan baik.

Tata letak yang jelas, mudah dibaca dan penggunaan video dan gambar yang cerdas dan taktis akan membantu menciptakan kesan yang bagus. Anda hanya membutuhkan sebuah sistem yang siap digunakan untuk membuat halaman situs Anda tetap segar dengan konten terbaru setiap hari. Mesin pencari dan pembaca lebih menyukai situs dengan konten yang segar dan unik.

Jika Anda memilih untuk menerjemahkan situs Anda untuk pengunjung internasional, jangan hanya mengandalkan alat penerjemah otomatis. Akan lebih baik jika Anda menyewa jasa penerjemah yang profesional untuk memastikan teks Anda memiliki keterbacaan yang baik dan minim kesalahan yang menimbulkan kesalahpahaman.

Memilih nama domain yang tepat
Idealnya nama domain web Anda singkat, mudah diingat dan mencakup satu atau lebih kata kunci Anda. Namun, domain seperti itu biasanya sudah terjual dan Anda harus membeli dengan harga yang tinggi. Dalam kasus seperti ini, jangan memaksa untuk menjejalkan kata kunci dalam nama situs Anda. Itu hanya akan menimbulkan kesulitan bagi pengunjung untuk mengingat dan lebih rawan kesalahan saat diketik.

Tetap sederhana
Akan lebih baik jika desain sederhana diterapkan dalam situs Anda agar lebih mudah dijelajahi. Pengunjung akan mudah bingung saat mereka kesulitan menemukan informasi yang dicarinya. Pikirkan untuk menggunakan skema warna yang baik dan ramah pengguna. Hindari warna terlalu terang sebagai latar belakang atau merah muda atau kuning sebagai warna teks yang tajam bagi mata.

Cascading Style Sheets (CSS) membantu memisahkan konten situs Anda yang berarti Anda memiliki fleksibilitas yang lebih baik. Jika Anda memutuskan untuk melokalisasi konten selanjutnya, Anda tak akan perlu mendesain ulang dari awal.

Unicode UTF-8 juga alat yang efektif karena mampu berfungsi dengan baik untuk 90 skrip berbeda sehingga melakukan globalisasi konten akan lebih mudah jika dilakukan pengkodean dengan benar dari awal.

Jejaring sosial
Jejaring sosial menjadi makin penting dalam kampanye SEO situs bisnis. Algoritme Google makin memperhitungkan tautan jejaring sosial sekarang ini. Itu berarti Anda juga harus terjun di sini. Tak akan percuma untuk memiliki kehadiran yang baik dalam jejaring sosial dan memastikan konten Anda bisa dibagikan kepada seluas-luasnya khalayak.

Tambahkan tombol Facebook, Twitter dan LinkedIn di artikel blog. Dan gunakan ketiganya (atau lebih) untuk menyebarkan artikel/ konten di situs Anda. Tentunya jejaring sosial adalah tentang bagaimana membangun hubungan dan percakapan sehingga jangan menghindari percakapan dan saling berbagi dengan pengguna lainnya dalam bidang Anda.

SEO merupakan sebuah proses panjang yang perlu dilakukan dengan sabar dan Anda tak akan menuai hasilnya dalam sekejap. Dibutuhkan tenaga dan pikiran untuk bisa menaiki peringkat mesin pencari dan juga upaya yang terus menerus untuk tetap berada di puncak. Namun imbalannya akan sangat setimpal mengingat akan ada lebih banyak orang yang menjadi audiens Anda di seluruh dunia.

sumber
0 Komentar untuk "Tips Membuat Website Anda Ramah SEO"

Download Ebook Gratis