income.web.id

Peluang Bisnis, Online dan Offline, Entrepreneurship


65 Persen Siswa Amerika Ingin jadi Pengusaha


SELAMA satu dekade, penelitian telah menunjukkan bahwa para siswa sebenarnya sangat tertarik untuk membuka usaha sendiri. Pada 1990-an, misalnya, sebuah studi Kauffman Foundation menemukan bahwa 60 persen siswa SMA di Amerika ingin menjadi pengusaha.


Sayangnya, studi yang sama menemukan bahwa lebih dari 80 persen merasa kekurangan ilmu tentang kewirausahaan di sekolah. Pada 2011, National Chamber Foundation dan Junior Achievement mendapat respons yang sama dari siswa SMA dalam sebuah studi nasional.

Padahal, sekolah merupakan sarana yang efektif dalam mengajarkan siswa untuk menjadi mandiri dan untuk memulai usaha sejak dini. Bahkan, banyak pihak yang mengusulkan diadakannya pelajaran kewirausahaan di sekolah. Namun, sayangnya memang terdapat banyak hambatan, terutama dari pihak pengajar karena kurangnya wawasan dan pengalaman.

Terlepas dari minat siswa sendiri yang sangat kuat dalam memulai bisnis mereka, di berbagai negara, kewirausahaan memang belum dapat diwujudkan sebagai program sekolah. Karena itu, guru-guru yang memilih untuk mengajar kewirausahaan sering melakukannya atas inisiatif sendiri dan di luar kurikulum yang ditetapkan. Bahkan sekarang, pelatihan guru di kebanyakan negara hampir tidak membahas pengajaran kewirausahaan.

Oleh karena itu, pendidikan kewirausahaan yang efektif harus dibangun berdasarkan pengalaman dunia nyata, bukan buku pelajaran. Jadi mengapa tidak mengubah kurikulum? Diakui, sulit bagi para guru untuk membuat perubahan pada kurikulum.

Pelatihan kewirausahaan yang efektif tidak memberikan pengetahuan dan keterampilan khusus, tetapi juga harus menyampaikan pola pikir yang mencakup sejumlah risiko dan kesiapan untuk belajar dan bangkit kembali dari kegagalan yang berulang. Sayangnya, kebanyakan guru tidak pernah menjadi pengusaha. Seperti yang lain, mereka juga lebih memilih karier lebih aman. Dan, mereka juga tidak mungkin mendorong siswa untuk menjadi pengusaha. Di kelas IPS, padahal ada banyak pelajaran mengenai kewirausahaan sebagai fakta ekonomi, tetapi sayangnya tidak melibatkan siswa dalam eksplorasi karier pribadi.

Sementara itu, di bangku kuliah, banyak jurusan yang umumnya melihat pendidikan kewirausahaan sebagai wilayah eksklusif mereka, walaupun sebagai besar cenderung menjadi jauh lebih mapan atau ditekankan dari manajemen, dan keuangan pemasaran. Kewirausahaan bisa diajarkan di perguruan tinggi lain atau sebagai bagian dari proses belajar sepanjang hayat, dimulai di sekolah dasar. Guru juga bisa mengambil inisiatif, memberikan wawasannya mengenai program pendidikan kewirausahaan di semua tingkatan, mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi.

sumber: mediaindonesia.com
0 Komentar untuk "65 Persen Siswa Amerika Ingin jadi Pengusaha"

Download Ebook Gratis