income.web.id

Peluang Bisnis, Online dan Offline, Entrepreneurship


Peluang Usaha Tepung Lokal, Sehat Dan Kaya Nutrisi


Membuat kue tak harus tepung terigu melulu. Tepung terigu memang banyak dijumpai, tak heran jika kita lebih tergantung  pada kehadirannya. Saat disodorkan tepung inovasi lain yang lebih sehat dan rendah gluten, terasa hambar di lidah.


Padahal di bumi Indonesia tersedia berbagai macam bahan pangan seperti sukun dan  umbi-umbian semisal ganyong dan singkong. Bahan pangan lokal tersebut bisa dimanfaatkan sebagai pengganti tepung terigu.

Mencoba bereksperimen dengan bahan lokal untuk membuat kue tak hanya melestarikan pangan lokal, tapi juga akan menjadi sumber peluang bisnis. Seperti, brownies singkong, makanan ini sempat populer beberapa tahun lalu.

Nah, mau coba peluang bisnis unik dari yang sebelumnya? Yuk, kita ‘bermain’ dengan bahan lokal pengganti tepung!

Tepung Singkong
Di pasaran, tepung singkong dikenal dengan Mocal ((Modified Cassava Flour). Bahan yang digunakan untuk membuat tepung ini adalah singkong jenis organik. Tepung ini juga mengandung kalsium dan karbohidrat yang tinggi, dibandingkan tepung umbi lainnya.  Yang terpenting adalah tepung ini bebas gluten.

Karakteristiknya yang menyerupai tepung terigu, membuatnya mudah diolah ke dalam makanan apa pun seperti cake, cookies dan gorengan.

Tepung Pisang
Semua pisang dapat diolah menjadi tepung, selama tingkat kematangannya sesuai. Namun, tepung pisang terbaik dihasilkan dari jenis pisang kapok. Warna yang dihasilkan akan lebih putih dari jenis pisang lainnya. Tepung pisang ini juga mengandung banyak serat.

Tepung pisang banyak digunakan dalam pembuatan cookies, brownies atau campuran makanan bayi.

Tepung Ubi Jalar
Semua jenis ubi ungu atau kuning dapat diolah menjadi tepung. Untuk pemakaiannya dapat disesuaikan selera, jika Anda ingin penampilan kue lebih berwarna, Anda dapat menggunakan tepung ungu atau sebaliknya.

Tekstur kue yang dibuat dari ubi jalar cenderung lebih rapuh. Namun, tepung ini memiliki serat yang tinggi sehingga baik untuk sistem pencernaan.

Tepung Ganyong
Ganyong biasanya dikonsumsi oleh para penderita diabetes untuk sumber karbohidrat. Tepung ini memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi. Baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada balita.

sumber: VIVAlife
0 Komentar untuk "Peluang Usaha Tepung Lokal, Sehat Dan Kaya Nutrisi"

Download Ebook Gratis