income.web.id

Peluang Bisnis, Online dan Offline, Entrepreneurship


Inilah 4 Cara Meningkatkan Penjualan Lewat Online


Inilah 4 Cara Meningkatkan Penjualan Lewat Online. Setelah memahami apa yang disebut dengan jualan online, kita perlu memahami beberapa hal sebelum memulai berjualan secara online :


a. Menggunakan Website yang Baik
Website atau blog adalah toko kita, etalase kita dan representasi dari produk yang kita jual dan sekaligus diri kita sebagai penjual. Meski banyak penyedia jasa blog gratis yang bisa kita gunakan (seperti blogspot), sangat disarankan agar kita menggunakan web yang berbayar sebab hal ini akan memberikan kesan keseriusan dan profesionalitas kita sebagai penjual kepada calon konsumen.

Dari website yang kita gunakan juga harus memiliki desain yang memudahkan calon konsumen untuk melihat produk yang kita tawarkan. Sebaiknya kita tidak mendesain website kita terlalu berlebihan sehingga justru membingungkan calon konsumen yang berkunjung ke toko online kita. Hal ini biasa disebut dengan “navigasi” web atau blog.

b. Berikan Informasi yang Jujur Tentang Produk yang di Jual
Sebisa mungkin kita cantumkan informasi selengkap-lengkapnya tentang produk yang kita tawarkan. Baik tentang spesifikasi produk, harga yang kita tawarkan dan yang paling penting adalah foto atau gambar produk. Jualan online tidak memungkinkan pembeli untuk menyentuh secara langsung barang yang kita tawarkan, jadi informasi yang detail akan membantu calon pembeli untuk lebih bisa mengenali produk kita. Dan yang lebih penting dari itu adalah “kejujuran”, informasi yang kita berikan harus benar-benar sesuai dengan barang yang ditawarkan.

c. Berikan Informasi Tentang Bagaimana Transaksi Bisa Dilaksanakan
Pada umumnya penyerahan barang dalam metode jualan online dilakukan dengan menggunakan jasa pengiriman barang. Untuk itu penting bagi kita untuk mencantumkan daftar harga jasa pengiriman barang ke kota atau lokasi yang kita layani. Berikan juga informasi mengenai berat produk yang kita jual. Hal ini bertujuan agar pembeli bisa menghitung biaya pengiriman yang harus ditanggung jika membeli produk yang kita tawarkan.

Jelaskan juga tentang ada tidaknya dan bagaimana garansi yang kita tawarkan berikut prosedur klaim garansi tersebut.

d. Informasi Waktu Pelayanan Jualan Online
Toko online memberikan kesan bahwa kita buka dan mampu melayani pembeli 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Kalau kita mampu melakukan hal tersebut tidak masalah, yang jadi soal adalah jika kita belum mampu melayani calon pembeli setiap saat selama 24 jam penuh. Maka ada baiknya kita mencantumkan jam atau waktu kapan kita bisa melayani calon konsumen.

Hal ini penting untuk menghapus kesan lambat yang muncul jika kita tidak selalu bisa merespon permintaan atau pertanyaan saat itu juga dikarenakan kita tidak selalu siap online 24 jam sehari.

sumber: artikelwirausaha.com, ciputraentrepreneurship.com
8 Komentar untuk "Inilah 4 Cara Meningkatkan Penjualan Lewat Online"

terima kasih gan atas sharenya, sangat membantu dan juga sangat bermanfaat. salam kenal ya.

udah nih semuanya udah dilakukan, cuman cara optimasi biar cept ada dihalam 1 gogle yg susah

mantap sekali artikelnya. saya suka tulisannya, karena website ini melihat sisi berjualan dengan menampilkan citra dan image yang bagus sekali. makasih gan..

Sangat bermnanfaat bagi kami yg memiliki toko buku bekas online di www.aksiku.com, terima kasih.

terima kasih sangat bermanfaat posting tentang 4 Cara Meningkatkan Penjualan Lewat Online ini... salam sukses aja...

Yes bro kejujuran menurut ane penting banget dalam jual beli online..

Like this...
baca juga artikelku tentang Cara Meningkatkan Penjualan Online ya...
salam sukses

Download Ebook Gratis