income.web.id

Peluang Bisnis, Online dan Offline, Entrepreneurship


Ingin Wirausaha, tapi Takut Gagal? Berikut Cara Mengatasinya


Ingin Wirausaha, tapi Takut Gagal? Berikut Cara Mengatasinya.

Saya ingin sekali berwirausaha, tapi saya merasa takut untuk memulainya. Bagaimana caranya memulai berwirausaha tanpa merasa takut untuk gagal? Apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi rasa takut gagal ini? (Anna Fara, 20)


Mbak Anna yang luar biasa, Saya jadi teringat akan quote Gail Sheehy yang mengatakan bahwa Jika kita tidak berubah, kita tidak dewasa. Jika kita tidak dewasa, kita tidak hidup yang sebenarnya. Kedewasaan itu membutuhkan kerelaan kita untuk melepaskan perasaan aman sesaat.

Setiap diri kita rindu untuk menjadi pribadi yang semakin dewasa, baik dalam bersikap maupun bertutur kata, bukan? Hanya saja terkadang kita sering lupa bahwa untuk menjadi lebih dewasa, kita harus terus mengambil tindakan nyata tanpa kenal putus asa. Dan kita juga sering lupa bahwa untuk mengambil tindakan nyata itu, kita dapat melakukannya dari hal-hal yang paling sederhana, bukan?

Termasuk dengan keinginan Anda untuk berwirausaha. Saya bisa memahami ketakutan Anda jika gagal. Memangnya, siapa sih di dunia ini yang mau gagal? Tidak seorang pun, bukan? Hanya saja, menurut saya ketakutan Anda terlalu berlebihan, yang merasa takut meskipun belum melakukan apa-apa. Ini sangat merugikan Anda sekaligus menjauhkan Anda dari kesuksesan yang Anda impikan.

Jadi apa yang harus Anda lakukan agar dapat berwirausaha tanpa takut gagal? Pertama, tentukan jenis usaha apa yang akan Anda geluti. Di sini, Anda tidak perlu ikut-ikutan teman. Memang sih, hal ini membutuhkan waktu. Jika di benak Anda sekarang muncul berbagai keinginan untuk membuka beraneka ragam usaha, maka buatlah skala prioritas.

Kedua, pelajari orang-orang yang sukses di bidang tersebut. Anda bisa mempelajarinya via informasi di internet, buku-buku maupun orang-orang yang telah Anda kenal. Pelajari bagaimana mereka merangkak, gigih, dan berjuang untuk melewati berbagai kesulitan.

Ketiga, lakukan dari hal yang paling sederhana. Misalnya, Anda bisa memulainya dari mulut ke mulut, membuat website gratis, dan sebagainya. Hindari menggunakan modal besar di awal karena resikonya terlalu besar. Apalagi Anda sebagai seorang pemula.

Keempat, bergaullah dengan orang-orang yang positif. Bacalah hal-hal yang positif. Jika Anda bertemu dengan orang yang gagal di dunia usaha, tanyalah bagaimana ia bisa gagal. Karena di sini Anda bisa memetik pelajarannya. Jika orang lain gagal melakukannya tidak berarti Anda juga gagal, bukan? Yang penting adalah ketekunan, kegigihan, tanggung-jawab, dan kejujuran.

Kelima, gabunglah dengan kelas motivasi di kota Anda. Dari sini, Anda bisa melihat kembali diri Anda yang sebenarnya, baik semangat Anda, kelebihan Anda dan kekurangan Anda. Dari sinilah Anda akan membangun pondasi yang lebih kuat.

Selamat melangkah, ya!

Ainy Fauziyah, CPC
Leadership Coach & Motivator
Penulis buku best seller "Dahsyatnya Kemauan"

sumber: kompas.com
2 Komentar untuk "Ingin Wirausaha, tapi Takut Gagal? Berikut Cara Mengatasinya"

Kalo kata pak TDW, "gak ada kata gagal, yang ada sukses atau belajar"

semangat dan fokus dan seimbangkan dengan ibadah, insya Allah berkah

Download Ebook Gratis