income.web.id

Peluang Bisnis, Online dan Offline, Entrepreneurship


Inilah 3 Tips Mencari Peluang Bisnis Sampingan Keluarga


Inilah 3 Tips Mencari Peluang Bisnis Sampingan Keluarga. Mencari peluang bisnis sampingan keluarga memang sangat penting, apalagi di jaman yang serba mahal sekarang ini. Banyak kebutuhan pokok yang harganya semakin mahal, sehingga pendapatan bulanan kita kadang tidak bisa mencukupi kebutuhan hidup selama sebulan.


Oleh karena itulah, perlu sebuah upaya untuk mencari peluang bisnis sampingan keluarga, agar penghasilan dari bisnis sampingan tersebut bisa memback-up pendapatan bulanan kita.

Namun, dalam mencari peluang bisnis sampingan keluarga, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar kehidupan ekonomi setelah menjalani bisnis sampingan akan semakin sejahtera dan berkecukupan. Hal penting saat mencari peluang bisnis sampingan keluarga yang dimaksud antara lain:

1. Pilihlah bisnis sampingan yang sesuai minat dan keterampilan
Sebuah pekerjaan yang didasari pada minat atau kesukaan, pasti hasilnya akan lebih berkualitas dibandingkan dengan pekerjaan yang dilakukan dengan terpaksa atau memaksakan diri.

Sebabnya sederhana, yaitu dikarenakan segala sesuatu yang dilakukan dengan suka hati, pasti akan dilakukan dengan penuh semangat, antusias dan mengupayakan yang terbaik, karena memang hal itu disukainya. Selain minat, pastikan bisnis sampingan yang hendak dipilih adalah bisnis yang memang dikuasai dan memiliki keterampilan di bidangnya.

Misal, ketika seseorang memiliki keterampilan dalam membuat masakan masakan yang tidak banyak orang bisa memasaknya, maka bisa mencoba untuk membuka restoran atau rumah makan. Sebuah pekerjaan yang dikerjakan oleh orang yang terampil di bidangnya akan menghasilkan kualitas kerja yang maksimal, dan bisnis sampingan yang dijalani pasti akan semakin berkembang.

2. Pastikan tidak menganggu waktu kerja
Bisnis sampingan adalah bisnis yang dijalankan disamping pekerjaan utama. Oleh karena itu, saat mencari peluang bisnis sampingan keluarga, pastikan mencari dan memilih yang kegiatan bisnisnya tidak mengganggu waktu kerja, dan lebih baik kalau bisa dijalankan secara beriringan.

Banyak orang yang mulai sukses di bisnis sampingan yang dijalaninya, memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan pokoknya, dengan alasan ingin fokus kepada bisnisnya karena jika sambil bekerja bisnis tersebut kurang berkembang.

Sebaiknya hal ini jangan dilakukan, karena bagaimanapun bisnis sampingan tetaplah bisnis sampingan, jangan pernah meninggalkan pekerjaan pokok demi bisnis sampingan, terkecuali kalau bisnis sampingan yang dimiliki ada beberapa jenis, dan pemasukkan yang didapatkan jumlahnya minimal 4 kali lipat dari jumlah pendapatan dari pekerjaan pokok.

Satu bisnis sampingan saja, belum bisa menjamin dengan pasti, karena yang namanya bisnis pasti ada naik turun, adakalanya rame dan kadangkala juga sepi.

3. Mintalah dukungan keluarga
Inilah yang disebut dengan bisnis sampingan keluarga, yaitu bisnis yang dijalankan secara kerjasama oleh seluruh anggota keluarga, baik itu istri maupun anak.

Dalam mencari peluang bisnis sampingan keluarga, sebaiknya konsultasikan bersama anggota keluarga jenis bisnis apa yang mau, agar semua bisa membantu dengan kapasitas kemampuannya. Itulah beberapa hal penting saat mencari peluang bisnis sampingan keluarga. Semoga bermanfaat.

sumber: perempuan.com
1 Komentar untuk "Inilah 3 Tips Mencari Peluang Bisnis Sampingan Keluarga"

Banyak ide bisnis rumahan yang dapat kita pilih, tapi tentunya untuk mementukannya harus dengan pertimbangan yang masak. Ide bisnis yang kita pilih bisa yang dijalankan secara offline maupun secara online. Bagi orang yang sudah punya kesibukan lain maka ide bisnis rumahan yang dipilih sebaiknya bisnis online. Jenis bisnis ini sangat fleksibel bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Download Ebook Gratis