income.web.id

Peluang Bisnis, Online dan Offline, Entrepreneurship


Inilah 6 Tips Jalankan Toko Online


Inilah 6 Tips Jalankan Toko Online. Saat ini banyak para pelaku usaha yang menggunakan fasilitas internet untuk menjalankan usahanya. Salah satu peluang usaha yang dapat dijalankan dengan fasilitas internet yaitu toko online. Yang dimaksud dengan toko online yaitu berjualan produk atau jasa namun dalam memasarkannya menggunakan internet, biasanya dengan menggunakan website atau menggunakan blog maupun jejaring sosial yang memiliki banyak pengunjung.


Para pelaku usaha memilih menjalankan usahanya dengan cara online, karena dengan internet dapat menjangkau pasar yang lebih luas daripada jangkauan pasar toko offline. Selain itu bisnis online tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, karena tidak memerlukan biaya tempat ataupun biaya peralatan sebesar toko offline.

Memang idealnya bisnis online dilakukan secara penuh alias fulltime. Namun ada kalanya, terutama bagi pemula bisnis internet memilih untuk memulai bisnis online sebagai bisnis sampingan. Dan ini sama sekali bukan soal.

Google yang merupakan search engine terbesar di dunia, pun diawali sebagai proyek sampingan dua lulusan Stanford. Jadi faktanya banyak pengusaha yang bisa sukses sekalipun diawali dengan perlengkapan yang sederhana.

Namun walaupun terlihat mudah, untuk menjalankan toko online juga diperlukan ketekunan, keseriusan dan fokus yang sama besar dengan menjalankan toko offline.

Berikut beberapa kiat-kiat yang mudah di jalankan untuk memulai bisnis online atau membuka toko online, yang dapat Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menjalankan usaha toko online seperti dilansir dari Vibiznews.com:

1. Seperti halnya membuka toko offline, toko online juga membutuhkan tempat yang strategis untuk memasarkan produknya.

2. Dalam menjalankan toko online, buatlah desain website atau blog yang digunakan sebagai tempat berjualan semenarik mungkin. Sehingga para konsumen merasa senang dan nyaman dengan tempat usaha anda, seperti mereka masuk ke dalam toko offline yang display tempatnya menarik, rapi, dan memberikan kenyamanan pada konsumen.

3. Walapun toko online tidak melayani konsumen dengan bertatap muka langsung, namun pelayanan yang diberikan tetap sama? Bertujuan memberikan kepuasan terhadap konsumennya. Salah satu caranya dengan menyediakan fasilitas pelayanan chating online ataupun layanan call center.

4. Untuk pelayanan pembayaran, sediakan fasilitas pembayaran dengan mencantumkan nomor rekening bank yang memiliki jaringan luas atau yang memiliki nasabah banyak. Karena konsumen akan lebih senang jika melakukan pembayaran melalui rekening bank.

5. Lakukan promosi untuk toko online Anda, gunakan SEO untuk membantu meningkatkan kunjungan pada website toko online Anda. Selain itu Anda juga bisa memasang iklan baris ataupun iklan baner pada situs-situs yang telah memiliki banyak pengunjung (Baik iklan gratis maupun berbayar).

6. Lakukan sekarang. Jangan berkata nanti, sebentar untuk bisnis online Anda. Kesempatan tidak datang dua kali. Ambil kesempatan sekarang dan jangan pernah menunda tindakan Anda.

Mau punya toko online + optimasi penjualan? Klik disini

sumber: ciputraentrepreneurship.com
0 Komentar untuk "Inilah 6 Tips Jalankan Toko Online "

Download Ebook Gratis